Misteri Wangi Roti Bread Talk

Dapat imel dari seorang teman yang mbahas soal baunya roti bread talk. Emang sih tiap kali lewati toko roti ini, pasti bau semerbaknya kemana-mana. Bikin tergiur..cukup mengundang selera..hehe. Tapi ternyata, bau roti itu bukan berasal dari roti-roti itu melainkan hanya berasal dari pengharum ruangan atau SPRAY yang memiliki aroma roti panas.. hooo…

Ini nih hasil pencurian fotonya.. (sudah gada fotonya ni..huuu)

Yang terlihat ada tiga, tapi dibelakang tiang ada lagi dua buah, jadi total 5 spray untuk ruangan sekecil itu :D

Katanya sih ini diakui sama salah seorang pekerja di sana. Kalo dipikir iya juga ya, kalo seandainya emang roti-roti itu mengeluarkan aroma semerbak kayak gitu, untuk apa juga memasang spray? Hehe.. Apa ini pengaruh kesehatan juga nggak ya kalo seandainya emang gitu? Roti-rotinya aja dipaparan kayak gitu, sebenarnya dibilang bersih, mungkin nggak juga ya? Kalo diperhatikan toko rotinya kan terbuka, partikel-partikel debu yang terbang kesana kemari nempel di roti… huaaaaa… Hehehe..kayaknya aku terlalu berlebihan ni :P

Yah, selama ini yang makan roti bread talk belum ada yang sakit kok.. *disambit*

49 thoughts on “Misteri Wangi Roti Bread Talk

  1. elmooooooooo..*peyukk!!*
    ooo..gitu toh ya. baru tau aku, ternyata gitu to. kirain kuenya bener bener harum bangeeet. :p

  2. yah itu mungkin spray aroma terapi yang wangi na bikin orang pengen beli itu roti, atau ngiler ama roti2 itu hahaha :D

  3. iya juga ya mo kalo dipikir2 bener juga , soalnya dari jarak beberapa meter kan uda kecium wangi rotinya

    tapi gw jarang koq makan breadtalk hihihi

  4. wiw… beneran yah?
    Soalnya asal ngelintas gak cuma kecium wanginya doang, hangatnya juga berasa sih..

    wedew

  5. baru paham deh…
    pantesan. aku juga sempet tergiur juga. tapi ngga deh… soalnya ngiranya bau formalin… hahaha

  6. Beneran, nih ? Tapi kalo yang saya cium dari Bread Talk Makassar baunya langsung dari rotinya lho. Kalo ke mall saya biasanya membaui (secara harafiah) sesuatu yang enak baunya *ngendus-ngendus :P *. Dan dari dekat roti yang masih beruap baunya (asli press prom de open :P )lumayan enak. Kalo rotinya dingi baunya masih ada juga. Nggak tau juga sih rotinya disemprot ato nggak. Kalo disemprot rasanya agak gimana gitu.

  7. Elmooooo kangen niihh,aku lagi kena virus males he hee.. nggak deng :D

    Baru kemaren temenku dari bandung yg tinggal diswiss ceritain tentang breadtalk ini, katanya nyaammi banget, jadi pingin nyoba dweh :)
    Kalau ditilik langsung bakul2 roti bakery ditempatku tinggal, wah nggak senikmat aroma ditoko2 roti di Ina, pokok e original abis.. biar mo bau roti angus kek, cake siram coklat plus aroma jeruk lemon, ditambah lagi dalam ruangan toko yang hangat waahh.. nggak memikat babarblas :mrgreen:

    Kalo bener gambar diatas itu spray, jelaslah mempengaruhi kesehatan, dan juga nggak menjamin hygenisnya si roti… *Hugs Elmo eyat2*

  8. emank kalo pakek spray,emangk pakek spray apaan yaa….

    jadi pengen beli tu!!! biar kalo cowok gw kerumah pura2nya gw bikin roti profesional gtu….

  9. yang penting enyakk..enyak…hehehehe….trus ngambilnya yg agak dalam2 aja..jadi gk kena semprotan “asin” jugapas lagi orge ngomong2 di depan roti yg gk tertutup…hiihi..

    hihi..asin apa “asin”? wkwkw

  10. dimana beli spray yg beraroma butter ya ?

    kurang tahu juga ya..gimana kalo masukin butter ke dalam spraynya? :mrgreen:

  11. Guys, coba deh perhatiin baik2 foto di atas. Di deket buletan spray ada hanging mobile yang tulisannya jelas kebaca BreadLife! Ini store-nya BreadLife, bukan BreadTalk. Pantesan fotonya cuman keliatan tulisan Bread doang gede, gak dilanjutin Talk-nya..karena itu sebenarnya ..Life hehe. Ini mah persaingan dari kompetitornya BreadTalk

    mau breadlife atau breadtalk, yang jelas di breadtalk juga ada..coba aja perhatikan :D

  12. menurutku bukan bau dari kotak sepray warna putih yg tertempel diatas seperti yg di gambarkan dlm foto td!tp roti yg paling wangi adalah hokaido kalo g percaya datang aja ke breadtalk terdekat waktu openig lihat dan rasakan aroma harum dari roti hokaido itu pasti anda akan tergoda untuk memakan nya.lg pula roti breadtalk steril tiap kali closing pasti ada pembersihan alat-alat utensil sendiri tiap hari dan sterilisasi ruangan dgn membersihkan bagian yg sulit terjangkau untk dibersihkan dgn pembersih khusus!!!jd roti breadtalk murni harumnya jjelas bersihnya.

  13. ahhhh…masa sih???ga betul lagi!!aku dah pernah coba tuh tungguin dibwh spraynya ampe spray itu nyemprotin parfumnya..
    dan ternyata itu cm wangi pengharum ruangan biasa aja!!
    coba deh klo ga percaya….

  14. Sekarang roti menjadi hot issue di Amerika ketika org Amerika-pun sekarang ini menjerit: Too Much Bread Improver, Too much Bread softener, Too Much Preservative.

    Pengujian roti di Malaysia menunjukkan bahwa 92% dari roti yang ber-edar (termasuk roti ternama atau roti yang dihidangkan di restoran siap saji) mengandung pengawet hingga 5 kali dari yang dibenarkan oleh undang-undang.
    Diperkira-kan hal yang sama juga terjadi pada industri makanan di Indonesia-pun.

    Di Indonesia makanan basah seperti mie basah, bakso basah, tahu basah, roti, dll, mengandung terlalu banyak pengawet. Dan karena mau untung banyak mereka memakai pengawet yang bukan food grade. Padahal kebanyakan pengawet dihubungkan dengan penyakit ADD hiperaktive. Dan Bread Improver yang terlalu banyak untuk supaya roti dapat mengembang besar sekali bisa menimbulkan kanker (Source Wikipedia: Bread Improver)

    Kemarin ini di sekolah untuk anak kurang mampu, aku lihat anak cewek umur 5 tahun cakep, tapi kalau diperhatikan lagi anak kecil ini terkena penyakit ADD hiperactive(Jadi kerja-nya goyang melulu). Kasihan sekali, ya !!

    Sekarang ini saya dengar beberapa guru di sekolah International school menghimbau kepada murid2 supaya tidak terlalu banyak makan roti.

    Ada pengganti roti yang lebih sehat / tanpa pengawet & pengembang, yaitu roti beras kering (rice cake).
    Kalau yang buatan Australi nama-nya Sun Rice, kalau yang buatan lokal nama-nya N_asiKriuk Debbie (Tersedia di All Fresh atau Mini market Nano Pluit atau Supermarket Rezeki). Harga-nya juga tidak mahal.
    Rice cake /roti beras kering ini:
    Karena kering, tidak perlu pengawet.
    Karena terbuat dari beras, tidak perlu pengembang yang bisa menyebabkan kanker.
    Karena terbuat dari beras, bukan gandum, rendah kalori-nya, bisa tetap langsing.

    Karena banyak-nya obesitas (kegemukan), org Amerika sekarang juga berpindah dari gandum ke beras (cereal mereka yg pakai beras seperti cocoa puff atau rice krispy).

    Trm kasih.

  15. Saya setuju untuk tidak makan roti banyak2. Tidak seperti roti buatan dulu yang dibuat dengan memakai sedikit ragi. Roti sekarang sudah diberi begitu banyak bahan kimia, supaya lebih wangi, lebih empuk.

    Saya setuju dengan rice cake / roti beras panggang lebih sehat, karena dibuat tanpa pengawet dan pengembang.

  16. Makan Roti Koq Tambah O ‘On

    Sekilas info untuk teman-teman, saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa hal yang mungkin berguna bagi kita semua.

    Kemarin ini saya tertawa terkekeh-kekeh karena ada orang berkata: Anak saya, saya makanin roti tiap hari, koq nggak tambah pintar, tapi tambah O’On (Bloon).

    Inilah perkataan Sue Dengate mengenai pemakaian pengawet roti supaya roti bisa awet lebih dari 2 hari yg saya quote dari artikel “Bread for success”:

    Author and food intolerance counsellor Sue Dengate has researched calcium propionate, commonly known as preservative 282 in bread.
    “I think parents should know that there is a preservative in what we regard as a healthy food that is eaten several times a day by most children that can affect behaviours and learning disabilities,” Ms Dengate said.
    Preservative 282 is a mould inhibitor that is added to bread.
    “Most people think that additives are tested before approval,” Ms Dengate said. “Well I’ve got news for you, they are not tested for effects in children’s learning and behaviour.”
    The latest research suggests preservative 282 may cause permanent changes to the brain in rats, along with long-lasting defects in learning abilities.
    “All we can say is if it’s causing permanent damage in brains of rats what’s it doing to the brains of our children?” Ms Dengate said.

    Hasil dari penelitian di Malaysia terdapat sekitar 92% roti yang beredar (termasuk roti merek terkenal) menggunakan pengawet lebih banyak sampai 5x dari jumlah yang diijinkan oleh undang-undang. Bagaimana dengan roti yang ada di Indonesia? Informasi yang saya peroleh juga sangat memprihatinkan. (mungkin teman-teman ada yang bisa sharing).

    Sebagai ganti roti, ada produk yaitu rice cake (roti beras panggang) seperti “N_asiKriuk Debbie, atau Sun Rice dari Australia untuk menyelingi makan roti. Rice cake ini kering dan tak ber-pengawet, sehingga kadar pengawet dalam tubuh & otak tidak terlalu menumpuk.

    Kelebihan dari roti beras panggang sebagai pengganti roti yang lebih sehat antara lain:
    - Karena kering, tidak perlu pengawet.
    - Karena dari beras, rendah kalori-nya.
    - Proses pembuatannya tidak menggunakan pengembang (bread improver) dan pemutih.
    Dengan banyak-nya masalah obesitas, Amerika pun sekarang ber-alih ke produk2 yang terbuat dari beras dan ber-bentuk kering, spt rice crispy atau rice cereal.

    Terima kasih.

    Roti Beras Panggang N_asiKriuk Debbie atau Sun Rice bisa anda dapatkan di supermarket Rezeki, Nano-Pluit dan All Fresh.

  17. wah… itu bukan breadtalk…
    lihat aja logo breadtalk yang asli tulisan breadnya warna orange, nah difoto itu tulisannya warna putih..
    di foto itu Bread Life… coba perhatiin deh..!!

  18. asal tau aja ya, bedanya BT dgn yg lain krn open kitchen, jd ga ad yg dtutup2i dsana,dr cr pembuatan sampai k view utk customer. Dan roti2 BT mnggunakan sistem fresh from oven. Jd yg djual hari itu,ya dbuat hr itu jg. Roti2 sisa akn dbuang dan tdk akan djual lg utk keesokan harinya.

    Tntg parfum it, kyknya itu memang bkn breadtalk dh, tp breadlife ato breadstory, jgn lgsg mnyimpulkn.

  19. wekekekekekkkk…………. itu mah bread life bukan breadtalk lagian itu juga spray buat ngusir lalat or nyamuk,alias pest control… and masalah roti banyak menggandung pengawet emang banget pasalnya roti itu seharusnya umurnya ngak bisa lebih lama dari 30 jam.. roti2 komersil bisa ampe seminggu ngak rusak???? pake ape ye…????

  20. yakin nech dr pngharum ruangan???????sowry ya…gw prnh krj dsna lmyn lama n sbgai alumni breadtalk..gw mnyangkal itu smua…ga ada kamusnya d breadtalk pk pwangi roti, yg ada d foto itu spray insect bwt ngbunuh lalat or sejenisnya..n itu timer nya bs d atur…so dgn kata laen, INFO YG DI TULIS DI ATAS BWT GW GA BNER..klo bsa jgn nulis2 dl klo blm tau kbenarannya,yg ada malah jd ngrusak nama breadtalk…tq.

  21. secara logika, emang tradisi orang bule jualan roti di tempat terbuka, walau ber-AC tertutup ala mall tetep tidak menjamin higienis. Emang dasar orang bule yg sok bersih tapi pada dasarnya mreka jorok juga kan???? Mending kalau diplastikin satu2 or di display tertutup??? btw breadtalk ini halal ga ya???? Dan aku yakin 100%, keenakan roti breadtalk tidak akan didapat tanpa bantuan bahan kimia yg pada dasarnya mungkin udah foodgrade tapi kalau ditakar berlebihan? wah bahaya juga kan? demi kelembutan dan pengembangan roti yg berlebihan . . . .

  22. wakakakwkwkwkwk…….
    ya ampiuuuuun …(lebay) … ternyata eh ternyata … oo gitu toh … yaudah lah ..

    rotiiii … rotiiii …

  23. sebenarnya mungkin wangi harum rotinya dari susu kali….
    but kalo aq tau ya(keluarga aq juga buat roti dulunya) aq setuju roti breadtalk mungkin pake bread improvernya agak banyak abis lembut banget n ga dalam beberapa jam fermentasinya(roti yg lembut hrs fermentasi 2-4jam)…
    sedangkan dulu kalo ortu aq buat roti biasanya fermentasinya lebih 2jam buat biangnya n 2 jam tuk adonan rotinya… so pagi jam 8 buat jam 12 ato 1 baru jadi rotinya… masalahnya apa mungkin bread talk punya waktu gitu banyak trus kalo adapun bread talk hrs menyediakan ruang yg banyak abis buat rotinya banyak sedangkan ruangnya cuma gerai. so soal bread improvernya banyak aq setuju…

  24. spray insect ??? bahan kimia sama dgn baygon etc2 ?

    bukannya itu malah lebih mengerikan dari spray bau roti?

    membantah isu spray roti, tp malah menyebutkan spray insect, haha, xD

  25. hei…gan!!
    tu kan cm “katanya”… omongan orang bs aja cm tudingan miring…biasalah bisnis…
    ati2 gan kalo omong…bs aja ente dituntut sama johny andrean

  26. jangan ngada2
    kalo kita bikin roti rumahan aja pd saat dipanggang otomatis aroma wanginya akan sampe kemana2
    namanya dioven ya pasti wangi lah

  27. aq sudah ikut kursus membuat roti ala breadtalk. Mengapa lembut, dimulai dari bahan bakunya seperti jenis tepungnnya yang khusus, lalu penggunaan bread softener dan bread improver memang digunakan dalam pembuatan roti ala bread talk tsb, tanpa bahan2 itu roti tidak akan selembut dan seempuk BT yang suka kita makan. Lalu metoda pembuatan roti Taiwan / Breadtalk itu kan berbeda dengan roti biasa. Soal misteri wangi, untuk menyiasati penggunaan susu mereka juga menggunakan preservative lainnya, seperti Milk Essence. Tidak usah jauh-jauh buat aq untuk mendapatkan wangi ala breadtalk, saya mengoleskan milk essence dari jam 4 sore, tangan sudah dicuci sampai jam setengah delapan malam wangi ala breadtalk masih tercium dari tangan saya. Seperti aromaterapi, enak sekali baunya, dan bisa membuat aq tergoda mampir beli roti BT. Jadi simpulkan saja sndiri ya…

  28. Maaf agan2 yg bae…perlu anda ketahui bahwa informasi yg diatas itu adalah sangatlah salah besar..jadi srpay itu adalah untuk pengusir lalat ato serangga lainnya,dan itu sangatlah aman buat makanan..dan aroma yg agan2 cium itu adalah betul aromanya roti breadtalk sendiri..kalo ga percaya agan2 boleh buktiin sendiri mampir dan masuk ke ruangan island breadtalk…mungkin orang2 yg komen yg engga2 itu yg belum pernah beli roti breadtalk…!!

  29. Hahahaha ada ada aja bau roti koq dari spray ..roti breadtalk tu Halal
    Klo gak percaya kerja di breadtalk
    (Kaya gue )

  30. wah wah..malah menjadi pemicu toh tulisan ini, intinya kembali pada diri masing2 deh, sesuatu yang berlebihan itu kan tidak baik :D lagian yaa, beli roti begituan apa hygiene, mengingat rotinya di tempat terbuka, tidak dibungkus? kalau soal itu bukan spray pengharum malah spray insect.. OMG.. serupa baygon begitu? pikirlah, rotinya tidak dibungkus, spray insectnya kemana2? @@ lebih gawat deh dari spray pengharum huahahahahaahahahah…

  31. bukti kurang kuat kn masih katanya dan fotonya juga gak ada lagian g penting juga kn toh kita tau sendri pembuatanya juga kan krn dy pakek sistem konsep open kitchen

  32. mav kalian salah lihat, spray yg ditempel ditiap dudut outlet breadtalk adalah fly killer yg gunanya untuk mengusir lalat2 yg datang ingin menikmati roti breadtalk juga…..:)
    jadi tidak benar kalau spray itu aroma therapi apalagi aroma roti….:D

  33. Saya pernah dikasih tau salah satu chef yg pernah kerja di industri roti, dia blg knapa baunya bisa harum bgt krn kadang bau roti itu disebarkan ke ruangan melalui sistem pendingin. Jd emang benar itu bau roti tp sebenernya harumnya gk segitu semerbaknya sampai kadang outletnya blum kliatan baunya uda kecium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>